My adsense

Minggu, 01 Januari 2012

WAKTU IDEAL UNTUK MENGKONSUMSI NUTRISI


WAKTU IDEAL UNTUK MENGKONSUMSI NUTRISI

Apa kabar nih teman-teman?

Lama tak berjumpa kita! Semoga ands semua dalam keadaan baik dan sehat. Nah, di tahun 2012 ini dunia dihebohkan dengan isue global warming. Untuk itu sekarang saya ingin mengambil tema hidup sehat dengan cara back to nature.

By the way (ngomong-ngomong), berbicara mengenai hidup sehat. Tidak jauh dari yang namanya mengkonsumsi nutrisi. Nah, saya sekarang ingin berbagi informasi mengenai waktu yang paling tepat untuk mengkonsumsi nutrisi.

1.         Karbohidrat

Menurut beberapa ahli gizi, sangat disarankan untuk mengkonsumsi karbiohidrat pada pagi dan siang hari. ayo tebak, kenapa coba? Karena karbohidrat bisa menyediakan energi secara maksimal yang dibutuhkan oleh tubuh agar aktivitas berjalan lancar.

"Waktu paling ideal untuk mengonsumsi karbohidrat adalah di awal hari, lalu mulai kurangi asupannya menjelang sore. Di siang hari, metabolisme tubuh berada di tingkat paling tinggi. Karbohidrat akan diproses menjadi energi dan tidak akan tersimpan menjadi lemak," menurut konsultan diet dan gizi, Aditi Kulkarni.

2.        Protein

Klo yang satu ini. Katanya paling baik di konsumsi pada malam hari. Kerana protein ini bisa memberikan energi sepanjang malam. Namun, protein juga bagus dikonsumsi pada pagi hari atau setelah berolahraga untuk mengenbalikan energi dengan cepat. Begitu teman-teman.

3.        Kalsium dan lemak

Kalsium dan lemak sangat tidak disarankan dikonsumsi pada sore dan malam hari guys. Karena aktifitas pada waktu itu sangat sedikit, sehingga dapat tersimpan dalam tubuh dan membuat tubuh menjadi gendut. Wkwkwk.

Kalsium dan lemak paling bagus dikonsumsi pada pagi hari, untuk memberikan efek perut kenyang lebih lama. 

4.        Serat

Serat dalam buah dan sayur adalah nutrisi penting bagi kesehatan pencernaan teman! Tapi sebaiknya tidak dimakan pada malam hari. Kebanyakan diantara kita (termasuk saya) mengira, buah seperti pir dan apel adalah makanan sehat untuk memenuhi keinginan ngemil dimalam hari. Tapi ternyata salah teman! Mengkonsumsi buah pada malam hari justru bisa memicu kegemukan.

Jika dimakan menjelang tengah malam, buah akan lebih lama dicerna oleh tubuh dan bisa menyebabkan kinerja sistem pencernaan terganggu. Akibatnya, lambung jadi terasa sakit dan timbul konstipasi (sembelit). Jika ingin makan serat di malam hari, sebaiknya pilih serat dari wortel, seledri atau sayuran lainnya.

Tidak ada komentar:

Artikel Populer