My adsense

Selasa, 05 Maret 2013

“BOHONG DEMI KEBAIKAN” ADA DAN BOLEH G SIH?



“BOHONG DEMI KEBAIKAN” ADA DAN BOLEH G SIH?


Sering sekali saya dengan perkataan ini “bohong demi kebaikan”. Mungkin my bro and sista juga sering dengar kata-kata ini.

Dilihat dari sisi pengertiannya. Definisi bohong adalah menyatakan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataannya. Sementara arti kata dari kebaikan adalah sebuah hasil dari perbuatan baik.

Mungkin sebagian besar dari kita semua pernah berbohong. Dan pernah juga menjadi korban dari perbuatan tersebut.


Sering mereka yang melakukan perbuatan bohong selalu berdalih melakukannya dikarenakan untuk kebaikan. Padahan menurut definisi saja sudah tidak dapat dibenarkan. Bohong adalah perbuatan buruk sementara kebaikan adalah hasil perbuatan baik. Dalam agama Islampun diajarkan, perbuatan  baik harus dilakukan dari yang baik. Atau bahasa kiasannya adalah seperti mencici tangan haruslah menggunakan air yang bersih.

Dinilai dari penyebabnya, ada beberapa alasan yang meyebabkan seseorang atau kelompok melakukan kebohongan yaitu perbuatan iseng, untuk memperoleh kepentingan tertentu atau pun dalam keadaan terdesak.

Jadi menurut ane tidak ada pembohong yang melakukan kebohongan demi sebuah kebaikan. Dan hal itupun tidak dibenarkan untuk dilakukan. Dari sebuah kebohongan kecil akan timbul kebohangan-kebohongan lainya.

Belajarlah dari buah manggis, ia tidak pernah berbohong. Jika kita ingin mengetahui jumlah isinya lihatlah dari bagian bawahnya, pasti jumlah isinya dan bagian bawahnya sama. Walaupun isinya terkadang ada yang tidak sesuai dengan yang di inginkan ( busuk ) setidaknya iya tidak berbohong. Jadi tidak ada yang merasa kecewa berlebihan.

So buat my bro and my sista hindarilah perbuatan bohong sebisa mungkin. karena tidak ada satu orangpun yang merasa iklas dirinya di bohongngi.

Ane rasa cukup sekian catatan dari ane. Semoga bermanfaat untuk my bro and my sista.

By JIVAL ALFARUQ
Alias
WIDY PRASETYADI

Tidak ada komentar:

Artikel Populer